Apa itu Virus Corona! , Cara Penularan Virus Coronal, Ciri dan Gejala Virus Corona,Pengobatan Infeksi Virus Corona, Pencegahan Infeksi Virus Corona

Senin, Maret 30, 2020

Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan yang berjudul Corona Virus.
Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Indra Bahrum yang telah membantu kami baik secara moral maupun materi. Terima kasih juga saya ucapkan kepada teman-teman seperjuangan yang telah mendukung kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas ini tepat waktu.
Kami menyadari, bahwa laporan yang kami buat ini masih jauh dari kata sempurna baik segi penyusunan, bahasa, maupun penulisannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca guna menjadi acuan agar penulis bisa menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.
Semoga laporan ini bisa menambah wawasan para pembaca dan bisa bermanfaat untuk perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan.
Jakarta, 31 Maret 2020



Daftar Isi

Kata Pengantar
1. Keadaan DKI Jakarta saat terpapar Corona Virus
2. Apa itu Virus Corona
3. Penyakit akibat infeksi virus corona
4. Cara Penularan Virus Corona
5. Faktor Risiko Virus Corona
6. Ciri dan Gejala Virus Corona
7. Diagnosis Virus Corona
8. Pengobatan Infeksi Virus Corona
9. Pencegahan Infeksi Virus Corona
10. Komplikasi  Infeksi Virus Corona
11. Kesimpulan

Tema : Virus Corona

Rumusan Masalah

1. Bagaimana Keadaan DKI Jakarta saat terpapar Corona Virus
2. Apa itu Virus Corona
3. Apa saja penyakit akibat infeksi virus corona
4. Apa saja cara Penularan Virus Corona
5. Apa saja faktor Risiko Virus Corona
6. Apa saja ciri dan Gejala Virus Corona
7. Apa saja diagnosis Virus Corona
8. Apa saja pengobatan Infeksi Virus Corona
9. Apa saja pencegahan Infeksi Virus Corona
10. Apa saja komplikasi  Infeksi Virus Corona

Tujuan Pembahasan

1. Mengetahui Keadaan DKI Jakarta saat terpapar Corona Virus
2. Mengetahui Apa itu Virus Corona
3. Mengetahui Penyakit akibat infeksi virus corona
4. Mengetahui Cara Penularan Virus Corona
5. Mengetahui Faktor Risiko Virus Corona
6. Mengetahui Ciri dan Gejala Virus Corona
7. Mengetahui Diagnosis Virus Corona
8. Mengetahui Pengobatan Infeksi Virus Corona
9. Mengetahui Pencegahan Infeksi Virus Corona
10. Mengetahui Komplikasi  Infeksi Virus Corona

Covid-19 atau Corona di Indonesia

Corona di Indonesia dan khusnya Di DKI Jakarta kasusnya sudah tinggi sekali tanggal 31 Maret 2020 yang positif corona sebanyak 1414, jumlah yang sembuh sebanyak 75 dan yang meninggal 122 orang. di DKI jakarta pak Guberner Anies Baswedan sudah melakukan beberapa pencegahan yaitu  #stayathome terdiri dari meliburkan sekolah, meminta transparasi penananganan corona virus, mengimbau warga untuk tidak pulang kampung, dan mengimbau berjaga jarak. berdasarkan sabtu (28/3/2020), terdapat pulhan tenaga medis yang sudah terpapar virus corona di 26 rumah sakit yang ada di Jakarta

Dampak dari Covid-19 di  DKI Jakarta sekarang : 
  • Kegiatan belajar dirumah
  • Work from Home dan 
  • Larangan Mudik
Kemudian pemerintah jakarta sekarang juga sudah berencana untuk menuntup transportasi keluar jakarta guna untuk mencegah penyebarah virus corona. Bisa disimpulkan bahwa pemerintah sangat aktif sekali dalam menangani Virus ini.

Berikut ini penjelasan tentang Covid-19

Apa Itu Virus Corona?

Virus Corona adalah jenis virus dari famili Coronaviridae yang bisa menginfeksi sistem pernapasan baik manusia maupun hewan. Kendati demikian, virus ini lebih banyak ditemukan pada hewan. Virus Corona pertama kali teridentifikasi pada periode 1960-an. Diberi nama Corona oleh karena struktur tubuhnya yang tampak menyerupai mahkota.  
Selain bentuknya yang menyerupai mahkota (crown-like virus), struktur tubuh Coronavirus terdiri dari membran, glikoprotein, selubung lipid bilayer, nukleokapsid, dan genom RNA positif.
Secara umum, virus Corona atau Coronavirus terdiri dari 4 subtipe yakni alpha, beta, gamma, dan delta yang mana keempat subtipe tersebut dibagi lagi menjadi 7 (tujuh) jenis virus, yaitu:
  • 229E
  • NL63
  • OC43
  • HKU1
  • MERS-CoV (Penyebab penyakit Middle East Respiratory Syndrome, atau MERS)
  • SARS-CoV (Penyebab penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome, atau SARS)
  • 2019-nCoV
Jenis Coronavirus terakhir inilah yang kini sedang menjadi kekhawatiran warga dunia. Pelaporan wabah Virus Corona 2019-nCoV—disebut juga virus Corona ‘baru’—pertama kali diterima oleh WHO pada 31 Desember 2019. Lokasinya ada di negara China, tepatnya di kota Wuhan yang merupakan bagian dari provinsi Hubei.

Penyakit Akibat Infeksi Virus Corona

Ada 3 jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Corona untuk Antum waspadai.

1. Middle East Respiratory Syndrome (MERS)

Penyakit akibat infeksi Coronavirus yang pertama adalah Middle east respiratory syndrome atau disingkat MERS.
Penyakit yang pertama kali muncul di negara Arab Saudi dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya (itu sebabnya penyakit ini dinamai MERS) pada tahun 2012 tersebut—sebagaimana dilansir dari WebMD—telah menyebabkan 858 orang meninggal dunia.
Jumlah korban tewas MERS tersebut termasuk dari negara-negara lainnya di luar Saudi Arabia dan sekitarnya, termasuk Amerika Serikat.

2. Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)

Jauh sebelum wabah MERS muncul, tepatnya di tahun 2003, ada juga penyakit mematikan lainnya yang disebabkan oleh infeksi Coronavirus.
Adalah SARS, atau Severe Acute Respiratory Syndrome. Sama seperti MERS, penyakit ini telah memakan banyak korban jiwa, tepatnya 774 orang dari berbagai negara di Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa. Wabah penyakit SARS baru dinyatakan berakhir pada tahun 2015, berdasarkan tidak adanya laporan kasus yang diterima.

3Wuhan Coronavirus

Sesuai dengan namanya, wabah virus Corona yang satu ini berasal dari kota Wuhan di Provinsi Hubei, China.
Badan Kesehatan Dunia WHO selanjutnya memberi nama virus ini novel Coronavirus (2019-nCoV). Tercatat sudah ada 18 orang meninggal dunia akibat infeksi Wuhan Coronavirus. Wabah penyakit tersebut diperkirakan masih terus berlanjut seiring temuan-temuan kasus baru yang bahkan sudah sampai ke negara-negara lain.
Kendati demikian, mengutip dari Sky News, WHO sendiri sampai saat ini belum memberikan status penyakit global (pandemik) pada wabah tersebut.

Cara Penularan Virus Corona

Virus Corona atau sekarang disebut dengan Covid-19 dapat menular dari hewan ke manusia maupun antar manusia itu sendiri. Berikut ini adalah cara penularan Covid-19 yang paling umum:
  • Kontak langsung dengan penderita
  • Terkena liur penderita (ciuman, batuk, bersin)
  • Menyentuh benda-benda yang terkontaminasi oleh virus covid 19 (kasur, bantal, guling, sofa, meja, dsb.)

Faktor Risiko Virus Corona

Coronavirus bisa menyerang siapa saja, tak peduli usia maupun jenis kelamin. Akan tetapi, ada sejumlah faktor risiko yang membuat seseorang lebih rentan terinfeksi virus ini, yaitu:
  • Orang lanjut usia
  • Anak-anak
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah

Ciri dan Gejala Virus Corona

Corona Virus ditandai oleh gejala yang awalnya tampak seperti gejala flu pada umumnya dan yang sudah parah sampai sesek nafas. Berikut adalah gejala virus Corona yang harus Antum waspadai:
  • Demam
  • Hidung tersumbat
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak nafas
Tidak adanya perbedaan gejala antara infeksi Coronavirus dengan infeksi virus flu biasa (Rhinovirus) ini membuat Antum untuk sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala-gejala tersebut, terutama jika gejala sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tak kunjung sembuh setelah diberikan obat-obatan umum.

Diagnosis Virus Corona

Untuk memastikan apakah keluhan yang Antum alami terkait dengan Coronavirus, dokter melakukan serangkaian prosedur pemeriksaan, yang terdiri dari :
  • Anamnesis, adalah tahapan di mana dokter akan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada pasien terkait dengan keluhan yang dirasakan
  • Pemeriksaan fisik, adalah tahapan di mana dokter akan memeriksa kondisi fisik pasien yang sekiranya dapat mengarah pada adanya infeksi. Di tahap ini, pasien juga diperiksa tekanan darah, tinggi, dan berat badannya
  • Pemeriksaan penunjang, adalah tahap lanjutan untuk menguatkan hasil diagnosis. Jenis pemeriksaan penunjang yang umum dilakukan seperti uji sampel darah dan biopsi sampel liur

Pengobatan Infeksi Virus Corona

Khusus infeksi virus corona, para ilmuwan sampai saat ini belum menemukan vaksin yang dapat melawan serangannya, mengingat wabahnya terbilang baru.
Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penanganan medis sedini mungkin sebelum kondisi bertambah parah. Oleh sebab itu, penting bagi Antum untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika merasa mengalami gejala infeksi seperti yang sudah disebutkan di atas, terlebih jika Antum memiliki faktor risikonya.
Beberapa cara mengobati infeksi Wuhan Coronavirus adalah sebagai berikut:
  • Pemberian obat-obatan khusus flu dan demam (seperti ibuprofen, acetaminophen, dsb.)
  • Perbanyak asupan cairan ke dalam tubuh
  • Istirahat yang cukup
Guna menghindari penyebaran virus lebih luas, dokter mungkin saja akan menyarankan pasien untuk diisolasi di ruangan khusus selama masa pengobatan.

Pencegahan Infeksi Virus Corona

Infeksi Coronavirus dapat dicegah dengan cara-cara seperti berikut ini:
  • Menghindari kontak dengan penderita infeksi
  • Gunakan masker penutup hidung dan mulut saat beraktivitas di luar ruangan
  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat secara rutin
  • Batasi kontak antara tangan dengan mata, hidung, dan mulut
  • Banyak minum air putih
  • Banyak makan buah, sayuran, dan suplemen vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh
  • Berjemur dibawah sinar matahari selama 10 - 15 menit

Komplikasi Infeksi Virus Corona

Virus ini jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan komplikasi serius berupa:
  • Infeksi paru-paru (pneumonia) dan
  • Kematian

Kesimpulan

Itu dia informasi mengenai Coronavirus yang perlu Antum ketahui.
Corona adalah jenis virus dari famili Coronaviridae yang bisa menginfeksi sistem pernapasan baik manusia maupun hewan. \

Langkah awal yang harus kita lakukan untuk pencegahan virus corona :
  • Menghindari kontak dengan penderita infeksi
  • Gunakan masker penutup hidung dan mulut saat beraktivitas di luar ruangan
  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat secara rutin
  • Batasi kontak antara tangan dengan mata, hidung, dan mulut
  • Banyak minum air putih
  • Banyak makan buah, sayuran, dan suplemen vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh
Kemudia kalian juga harus tau apa aja ciri - ciri dari Covid 19 diantaranya :
  • Demam
  • Hidung tersumbat
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak nafas

Mohon maaf bila ada salah kata :)
Jaga selalu kesehatan dan tetap waspada, ya!


#dirumahsaja 
#dirumahsaja
#dirumahsaja
#indonesiabisalawancorona


You Might Also Like

1 Comments

  1. All thanks to this great herbal doctor who cured me from (LUPUS DISEASE) his name is dr imoloa.  I suffered lupus disease for over 8 years with pains like: joints, Skin rash,  Pain in the chest,  swollen joints and many more.  The anti-inflammatory drugs couldn’t cure me, until I read about his recommendation. 2 months ago, I contacted him through his email address. drimolaherbalmademedicine@gmail.com . and he sent me the herbal treatment through DHL courier service and he instructed me on how to drink it for good two weeks. after then,  And I was confirmed cured and free at the hospital after taken his powerful herbal medications You too can be cured with it if interested, he also uses his powerful herbal healing medicine to cure disease like: parkison disease, vaginal cancer, epilepsy,  Anxiety Disorders, Autoimmune Disease,  Back Pain,  Back Sprain,   Bipolar Disorder,  Brain Tumour,  Malignant,  Bruxism, Bulimia,  Cervical Disk Disease, cardiovascular disease, Neoplasms,  chronic respiratory disease,  mental and behavioural disorder,  Cystic  Fibrosis,  Hypertension, Diabetes, asthma,  Inflammatory autoimmune-mediated arthritis.  chronic kidney disease, inflammatory joint disease, back pain,  impotence,  feta  alcohol spectrum,  Dysthymic Disorder,   Eczema, skin cancer,  tuberculosis,  Chronic Fatigue Syndrome, constipation, inflammatory bowel  disease, bone cancer, lungs cancer,  mouth ulcer,  mouth cancer, body pain, fever, hepatitis A.B.C.,   syphilis,  diarrhea,  HIV/AIDS,  Huntington's Disease,  back acne,  Chronic renal failure,   addison disease,  Chronic Pain,   Crohn's  Disease,   Cystic Fibrosis,  Fibromyalgia,   Inflammatory Bowel Disease,  fungal  nail disease, Lyme Disease, Celia disease, Lymphoma, Major  Depression,  Malignant Melanoma,   Mania,  Melorheostosis,   Meniere's  Disease,  Mucopolysaccharidosis , Multiple Sclerosis,  Muscular  Dystrophy,  Rheumatoid Arthritis, Alzheimer's Disease      Contacts him today  and get permanently cure. contact him via... email- drimolaherbalmademedicine@gmail.com  /whatssapp-+2347081986098.
    website-www drimolaherbalmademedicine.wordpress.com

    BalasHapus

Like us on Facebook